Profil Pelaku Usaha

Salam Hangat,

Mungkin bagi yang belum memahami akan mengira uang yang dihasilkan dari usaha perikanan hanya sedikit, bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau langsung bergidig ketika melihat pelaku usaha perikanan harus berhujan-hujanan dan berpanas-panasan di kolam untuk memberi pakan, mengatur air, memanen ikan, memikul hasil panen, pada malam/dini hari mendistribusikan ikan pesanan menggunakan mobil bak terbuka, dsb.

Ketika melihat mereka secara fisik terkesan seperti orang biasa, umumnya berkaos oblong, bercelana pendek, memakai caping dan sepatu boot, kulit gelap terbakar dan berbau amis.

Apa yang terlihat tersebut menggambarkan kehidupan mereka yang sebenarnya?

Memang benar bergerak dalam usaha perikanan sangat mengandalkan fisik. Tetapi jangan salah, didalamnya banyak aspek manajemen dan filosofi kehidupan yang kemudian menyebabkan satu orang dengan yang lain berbeda tingkat kesuksesannya.

Ketika kita bertemu dengan pelaku usaha perikanan yang sukses, kita akan menemukan karakter kerja keras, kepercayaan, tanggung jawab, jujur, setia, komitmen, bijaksana, sabar, optimisme, visioner, gotong-royong, kerjasama, dermawan, berserah diri kepada Tuhan, dsb.

Secara garis besar dapat dikerucutkan menjadi “3 KUNCI EMAS” ditambah “1 PENGUNGKIT” agar sukses dalam usaha perikanan :

  1. KERJA KERAS ditambah sedikit OTAK ENCER, istilah lainnya adalah KERJA CERDAS. Saya sengaja menyebutkan yang pertama adalah kerja keras dan tidak langsung menyebutkan kerja cerdas agar tidak rancu dengan pengertian kerja cerdas yang sering salah persepsikan bahwa kerja cerdas itu didalamnya tidak termasuk kerja keras. ITU SALAH BESAR !!!!!!!! Saya katakan sedikit saja untuk otak encer karena untuk jadi pelaku usaha perikanan yang sukses tidak harus bergelar sarjana, master, doktor, apalagi profesor. Pada kenyataannya mereka justru banyak yang berpendidikan rendah, bahkan ada yang buta baca tulis. Tapi ini tidak berarti tidak boleh berpendidikan tinggi juga. Pendidikan tetap menjadi sangat penting sebab berpengaruh terhadap pola pikir dan cara berpikir.
  2. JUJUR. Mungkin karakter yang satu ini sangat mahal harganya karena sudah langka. Tapi percayalah, ketika kita jujur ternyata rejeki akan mengalir dari tempat yang tidak terkira. Rejeki itu juga akan menjadi lebih berkah untuk keluarga kita. Sudah banyak contoh bagi yang berlaku curang, misalnya mencuri timbangan, ngemplang, menipu kualitas, dsb. Sepertinya dalam waktu singkat mereka mendapatkan untung besar. Tapi ternyata musibah datang silih berganti, suatu saat ikan yang dikirim mati karena ban bocor, pembeli/pedagang ngemplang, tidak dapat ikan karena pembudidaya tidak percaya lagi, belum lagi di rumah ada keluarga yang sakit, anak membandel, dsb. Bukan keberkahan yang diterima, tapi kemalangan demi kemalangan silih berganti. Itulah sebabnya berperilaku jujur menjadi syarat ke-2 yang harus dimiliki. 
  3. HINDARI “MO LIMO” dan SETIALAH KEPADA PASANGAN. Kok bisa? Apa hubungannya? Kita tahu bahwa uang yang dihasilkan dari usaha perikanan sebagian harus kita putar kembali untuk mempertahankan dan membesarkan usaha kita. Apa jadinya bila uang-uang tersebut kita belikan miras dan obat terlarang, kita pertaruhkan di meja judi, kita “kucurkan” kepada WIL/PIL. Yang pasti sirkulasi usaha kita akan terganggu, gaji pegawai kita bisa tak terbayar, belum lagi kalau ditangkap polisi atau ketahuan pasangan? Ruwet kan?

Itulah “3 KUNCI EMAS” yang saya cermati dan dimiliki oleh pelaku usaha perikanan yang sukses. Dengan memiliki ke-3 kunci tersebut Insya Allah kita juga bisa menjadi salah satu dari mereka. Berita baiknya ternyata ada “1 PENGUNGKIT” yang bisa mempercepat dan memperderas rejeki yang bisa kita terima, bahkan dari tempat yang tidak kita kira. Pengungkit yang saya maksud adalah “GEMAR BERSEDEKAH” atau dengan kata lain menjadi orang yang “DERMAWAN”.

Seperti dalam agama yang saya yakini, setiap 1 rejeki yang kita sedekahkan akan kembali lagi kepada kita berlipat 10 kali, bahkan ada yang berpendapat sampai 700 kali. Bukankah dengan membagi dan memberi kasih sayang kepada orang lain akan membuat kita menjadi semakin kaya? Karena Tuhan menyukai orang-orang yang gemar membagi dan memberi, dan karena Tuhan akan membalasnya dengan hal yang sama, bahkan sampai berlipat-lipat.

Satu hal yang perlu diingat, sedekah adalah sunah dan yang wajib adalah zakat. Tunaikan dulu yang wajib, baru lakukan yang sunah. Jangan dibalik dan jangan ditinggalkan yang wajib.

Ada satu pertanyaan yang menggelitik : “bagaimana dengan modal uang? Usaha perikanan juga butuh uang kan? Mengapa yang tertulis di atas tidak membahas tentang modal uang?

Jawaban singkatnya : kalau “3 KUNCI EMAS” dan “1 PENGUNGKIT” di atas sudah dimiliki, modal uang akan datang dengan sendirinya. Tidak percaya? Mau coba?

Temuilah pengusaha perikanan yang sukses dan buktikanlah sendiri!!!

Pembaca yang budiman, mungkin tulisan di atas hanya sedikit pengantar dari saya dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Berikut ini saya tampilkan profil singkat para pelaku usaha perikanan yang sukses. Profil lengkapnya dapat didownload secara tersendiri melalui file yang ada di bawahnya.

Pak SALMAN

Pak TARI

Pak PANDU

Pak JUNED

4 Responses “Profil Pelaku Usaha” →

  1. medi prasetyo

    20/04/2012

    Pak toni, saya medi prasetyo mahasiswa perikanan undip. pak, di klaten dan sekitarnya apa sudah ada pengolahan hasil perikanan?? matur nuwun

    Reply
    • Di kawasan Desa Nila ada yang buat abon Nila. Kalo kuliner ikan ada banyak. Datang saja pas hari libur pasti rame

      Reply

      • lasso

        26/09/2012

        Pak dosen, gmn kbr? sy alumni perikanan ugm, mau tanya2 tentang ikan nila. Hehehe, Posisi skrg dmn? Kontak sy ya, 0811264526.

      • Bos kalo mau pesen calon induk lagi call me y.
        Kapan mudik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: