Kawasan Desa Nila di Kabupaten Klaten

Posted on 02/08/2011

0


Kawasan Desa Nila di Kabupaten Klaten secara  resmi dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Bibit Waluyo pada tahun 2009, mencakup 5 desa yaitu Nganjat, Ponggok, Jimus, Janti dan Jeblog . Empat desa pertama berada di Kecamatan Polanharjo dan desa kelima berada di Kecamatan Karanganom. Kawasan pembenihan dikonsentrasikan di desa Jimus dan Jeblog, kawasan wisata kuliner serba ikan (pemasaran) dikonsentrasikan di desa Janti, sedangkan pembesaran Nila di kolam air deras dikonsentrasikan di desa Nganjat dan Ponggok.

Melihat pesatnya perkembangan Desa Nila, sesuai masterplan yang sedang disusun direncanakan mulai tahun 2012 Kawasan Desa Nila diperluas menjadi 8 desa dengan penambahan 3 desa lagi yaitu Daleman dan Wunut yang berada di Kecamatan Tulung, serta Sidowayah yang berada di Kecamatan Polanharjo. Sehingga total Kawasan Desa Nila yang akan dikembangkan mencakup 3 kecamatan yaitu Karanganom, Tulung dan Polanharjo (direncanakan disingkat “KALUNGHARJO”). Strategi pengembangan secara makro masih menggunakan sistem sentralisasi kawasan yang ditetapkan berdasarkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa dengan perincian :

  • Sentra Pembenihan : Jimus, Daleman, Wunut dan Sidowayah
  • Sentra Pemasaran : Janti dan Sidowayah
  • Sentra Pembesaran : Nganjat, Ponggok, Jeblog dan Daleman
  • Sentra Pengolahan : Jeblog dan Nganjat

Secara mikro, pengelolaan setiap desa tetap bisa dikembangkan secara hulu-hilir (cluster) mulai dari kegiatan pembenihan, pemasaran, pembesaran dan pengolahan. Diharapkan setiap desa mampu bersinergi dan memperkuat satu dengan lainnya untuk mensukseskan program pengembangan Kawasan Desa Nila, menuju masyarakat Jawa Tengah yang lebih sejahtera sesuai program Gubernur Jawa Tengah, Bapak Bibit Waluyo yaitu “Bali nDeso mBangun Deso”.

 

Posted in: Desa Nila